MOVIE

Ingin menonton film-flim terbaru atau mencari film-film lama? Klik disini

Selasa, 07 Februari 2012

Perawatan Setelah Operasi Pengangkatan Batu dan Kantung Empedu

Perawatan Setelah Operasi Pengangkatan Batu dan Kantung Empedu sering dipertanyakan dan dicemaskan oleh pasien yang mengalamai operasi ini. Saya sih belum operasi, tapi saya udah surfing kemana2 ... he..he..he.. ketahuan juga ya takutnya saya.

Nah inilah hasil investigasi saya :
  • Masa penyembuhan tergantung kondisi masin2 pasien, umumnya antar 6 - 12 bulan baru enakan.
  • Metabolisme zat lemak akan sedikit mengalami perubahan dan warna feces akan menjadi pucat, kehilangan warna kuning-coklat dari empedu.
  • Kadang suka kembung, tapi ini masih wajar
  • Ada juga yang diare, makanan harus dijaga dulu sebelum kondisi normal
  • Ada juga pasien merasa cepat lelah ... wajarlah ... kondisi belum normal.
  • Tidak makan yang berlemak
  • Tidak makan yang pedes
  • Perbanyak minum, sayuran dan buah
  • tetap olahraga yang ringan saja
  • Teruslah berpikir positif, tunggu sekitar 1 tahun, barulah kondisi mulai normal (katanya lho)
Kalau kita tidak jaga makanan, maka batu akan bisa kembali muncul dan melekat disaluran empedu, makanya kembali ke diri kita masing-masing, seandainya tidak sakit batu empedupun kita memang harus menjaga pola makan dan pola hidup sehat, ya gak? Kalau pertama kena batu empedu, yah wajar ... soalnya batu empedu tidak bergejala, parah dulu baru ketahuan ... nah kalau udah kena ... tobat ya ....


sumber : Dr. sukma merati



Video Operasi Pengangkatan Batu dan Kantung Empedu

Saya menemukan site yang mempunyai video pribadi pengangkatan batu empedu beserta kantungnya. Saya muat disini untuk jadi renungan kita, agar kita bisa hidup lebih sehat lagi dan bersyukur atas apa yang telah diberi Allah kepada kita dengan menjaganya. Mudah2an video operasi kantung empedu ini bermanfaat untuk yang melihatnya ya.













Baca juga ini : Perawatan setelah operasi

Sumber : henrywae.com

Apakah Batu Empedu Itu?

Saya mencoba bertanya sebanyak-banyaknya sama dokter yang merawat saya apakah batu empedu itu, juga saya menjelajahi dunia maya tuk lebih mengenal batu empedu ini, nah ... inilah hasil investigasi saya.

Penderita batu empedu biasanya dalam bahasa Inggris disingkat menjadi 3F, yaitu : fat, fourty and female, jadi ... wanita umur 40 lalu gemuk lebih banyak yang kena penyakit ini walaupun laki-laki juga ada yang kena penyakit ini. Sakit batu empedu ini sangat sakit dan nyeri, hilang timbul dan kumat tiba-tiba juga hilang sakitnya juga tiba-tiba.

Mari kita bahas lagi batu empedu ini :
  • Cairan empedu dihasilkan oleh hati
  • Cairan empedu bersifat asam, sangat pahit dan berfungsi mengikat lemak/kholesterol
  • Bila konsentrasi cairan empedu sedemikian padat, akan mudah terbentuk batu
  • Batu empedu dibagi menjadi 2 macam, yaitu batu kholesterol dan batu non-kholesterol
  • Batu kholesterol berwarna kekuningan sedangkan batu non-kholesterol hitam pekat
  • Sangat berbahaya bila kantung empedu pecah dan meracuni tubuh
  • Bila batu menyumbat ke hati, bisa menyebabkan kanker hati
  • Bila menyumbat di usus halus bisa menyebabkan kanker usus
  • Operasi dapat dilakukan secara konvensional yaitu membuat sayatan cukup lebar didinding perut yang disebut laparotomy
  • Atau melalui bedah laparoskopi, yaitu membuat 3 sayatan kecil untuk dimasuki alat laparoskop untuk meneropong kedalam perut, dan melakukan pengangkatan kantung empedu. Alat dihubungkan ke layar monitor.
Di video ini anda bisa melihat sekilas operasi bedah laparoskopy serta beberapa type batu empedu. Semoga berguna.

Sakit Batu empedu

Kata dokter, "Bu ... ada banyak batu dikantung empedu ibu"
Kata saya, "Apaaaaa ???!!!!" sambil melotot dan marah sama dokternya.
Kata dokter, "Benar bu ... ibu harus operasi pengangkatan kantung empedu"
Kata saya, "Tidaaakkkkk .....!!", sambil berdiri dan siap menerkam dokter tersebut ..... tapi .... he..he..he.. tidak begitu kejadian sebenarnya he..he..he.., suerr ... yang ini benaran :

Saat dokter bilang saya ada batu di kantung empedu ... saya, .... benaran nih ... saya nangis ... gemetaran ... lemasss ... tak bisa ditahan air mata ini berlomba-lomba keluar membasahi pipi, tapak tangan juga baju. Saat itu yang terbayang ... gimana saya hidup tanpa kantung empedu ..hu..hu..hu... anak saya masih kecil, suami saya masih ganteng ... terus ... berapa lamakah hidup saya mampu bertahan???

Seminggu saya tidak mau bangkit dari tempat tidur kecuali ke kamar mandi, gak mau makan, gak mau ketemu orang. Dan butuh waktu sebulan saya baru bisa menerima dengan iklas penyakit ini, la gak diterima penyakitnya udah bercokol ckckck... Apakah yang saya alami selanjutnya??

Kadang dalam 1 hari bisa 2 kali saya harus guling2, nungging2 dan ngedance ditempat tidur menahan sakit bila sakit ini kumat, kadang seminggu cuma sekali, jadi gak menentu kapan kumatnya. Lama rasa sakit yang saya rasakan adalah minimal 1 jam, pernah hampir 3 jam baru hilang dengan sendirinya.

Kondisi saat sakit :
  • Sakit di dada kanan
  • Ulu hati seperti ditonjok bertubi-tubi
  • Sakit dan kram menjalar ke tulang/badan belakang
  • Menjalar lagi ke bahu dan tengkuk
  • Kepala sakit luar biasa
  • Keringatan dan basah seperti orang baru berenang, walau diruang ber AC
  • Dada sebelah kiri juga sakit (belakangan ini sangat terasa sakit)
  • Hampir tidak bisa narik nafas karena kalau bernafas sakit sekali (pengen juga gak narik nafas sangking sakitnya, tapi keburu megap-megap, yah tarik nafas lagi )
  • Tidak ada posisi yang pas untuk mengurangi rasa sakit, pokoknya kelenjotanlah
  • Nyaris hilang kesadaran karena sakit dan kecapean (kata suami saya pingsan)
  • kaki gemetaran nyaris tak terangkat, capek banget kayak orang melahirkan
  • lemessss ...... tak berdaya.

Kalau saya masih mampu bertahan ... ya ... sakit itu saya rasakan sampai hilang tiba-tiba seakan tanpa terjadi apa-apa, kalau dah gak kuat nahan sakitnya barulah saya bersedia dibawa ke UGD. Disana dikasi obat penahan rasa sakit yang dimasukkan ke dubur. (Nah disini sakit bisa nambah lagi kalau perawat yang masuki obat tersebut main sambar aja ... ammpuunnnn )

Kata dokter, sakit batu empedu belum ada obatnya selain dilakukan pengangkatan kantung empedu, nah ... saya takut operasi, gimanaaa ..gitu hidup gak punya kantung empedu .... apalagi biayanya juga mahal.

Okeylah .... jangan lupa baca juga :

#Setiap Penyakit pasti ada obatnya#

Ingin menonton film-flim terbaru atau mencari film-film lama? Klik disini