MOVIE

Ingin menonton film-flim terbaru atau mencari film-film lama? Klik disini

Rabu, 01 Februari 2012

Minyak Ikan Obat Untuk Leukemia

Leukemia .... waww ... tidaakkk!!! waduhh ... sangat menyeramkan kalau mendengar kata ini apalagi kalau kita divonis positif mengidap penyakit ini. Dunia seakan mau runtuh (jeeng..jenng..jeng...!) langit mendadak gelap atau mendung deh (glegaarrr ... petir menyambar), seperti itulah suasana hati mendengar vonis leukemia. Tapi saya tidak mau larut dalam kesedihan atau ketakutan akibat leukemia ini, karena leukemia bisa disembuhkan! ayolah ... semangat!!!

Leukemia menurut wikipedia adalah "darah putih", pada penderita ditemukan banyak sel darah putih. Sel darah putih yang tampak banyak merupakan sel yang muda, misalnya promielosit. Jumlah yang semakin meninggi ini dapat mengganggu fungsi normal dari sel lainnya. Kalau mau lebih jelas baca disini aja ya (maaf, saya pemalas ya )

Okelah, saya akan mecoba menerangkan leukemia itu apa. Leukemia terdiri dari leukemia akut dan kronis :
  1. Leukemia limfositik akut (LLA): Tipe leukemia paling sering terjadi pada anak-anak. Penyakit ini juga terdapat pada dewasa yang terutama telah berumur 65 tahun atau lebih.
  2. Leukemia mielositik akut (LMA): Sering terjadi pada dewasa daripada anak-anak. Tipe ini dahulunya disebut leukemia nonlimfositik akut.
  3. Leukemia limfositik kronis (LLK): Sering diderita oleh orang dewasa yang berumur lebih dari 55 tahun. Kadang-kadang juga diderita oleh dewasa muda, dan hampir tidak ada pada anak-anak.
  4. Leukemia mielositik kronis (LMK): Sering terjadi pada orang dewasa. Dapat juga terjadi pada anak-anak, namun sangat sedikit.

Gejala dari leukemia bisa kok kita lihat, tapi lebih pastinya kita harus memeriksakan diri ke dokter tuk mengecek kebenarannya. Jangan panik dulu ... "oohhh my goddd .... aku leukemiaaaa ....!!! terus nangis berhari hari jangan ya .... padahal cuma gara-gara mimisan ...

Ini nih gejala umumnya :
  • Anemia : cepat lelah, pucat dan bernafas cepat (sel darah merah dibawah normal menyebabkan oxygen dalam tubuh kurang, akibatnya penderita bernafas cepa.
  • Perdarahan : penderita akan mengalami perdarahan dijaringan kulit (banyaknya jentik merah lebar/kecil dijaringan kulit).
  • Infeksi : Penderita akan gampang terkena infeksi virus/bakteri, bahkan dengan sendirinya akan menampakkan keluhan adanya demam, keluar cairan putih dari hidung (meler) dan batuk.
  • Nyeri Tulang dan Persendian. Hal ini disebabkan sebagai akibat dari sumsum tulang (bone marrow) mendesak padat oleh sel darah putih.
  • Nyeri Perut : Sel leukemia dapat terkumpul pada organ ginjal, hati dan empedu yang menyebabkan pembesaran pada organ-organ tubuh ini dan timbulah nyeri. Nyeri perut ini dapat berdampak hilangnya nafsu makan penderita leukemia.
  • Pembengkakan Kelenjar Lympa : Penderita bisa mengalami pembengkakan pada kelenjar lympa, baik itu yang dibawah lengan, leher, dada dan lainnya.
  • Kesulitan Bernafas (Dyspnea) : Penderita mungkin menampakkan gejala kesulitan bernafas dan nyeri dada.

Pasien biasanya ditangani oleh dokter dengan cara sebagai berikut :
  • Chemotherapy/intrathecal medications
  • Therapy Radiasi. Metode ini sangat jarang sekali digunakan
  • Transplantasi bone marrow (sumsum tulang)
  • Pemberian obat-obatan tablet dan suntik
  • Transfusi sel darah merah atau platelet.
Nah disini saya mau katakan bahwa ada kemajuan dalam ilmu pengobatan dunia, dengan ditemukannya obat untuk leukemia ini. Para peneliti dari Department of Veterinary and Medical Sciences Penn State, menemukan sebuah paduan senyawa bernama Delta 12-Protaglandin J3 atau D12-PGJ3 yang bertarget dan membunuh chronic myelogenous leukemia (CML), sel-sel batang leukemia. Senyawa D12-PGJ3 ini terdapat pada omega-3 yang terkandung pada ikan dan minyak ikan.

Penelitian melalui uji coba terhadap tikus-tikus yang tubuhnya mengandung sel-sel penyebab leukemia. Tikus-tikus tersebut diobati dengan komponen minyak ikan dan ditemukan senyawa yang terdapat dalam minyak ikan tersebut membunuh sel induk leukemia dalam limpa dan sumsum tulang tikus. Tikus-tikus tersebut pun terbebas dari sel-sel mematikan tanpa ada dugaan akan mengalami kekambuhan.

Para peneliti pun akan terus berfokus pada D12-PGJ3 karena membunuh sel-sel induk leukemia, tetapi memiliki jumlah efek samping paling sedikit. Mereka saat ini bekerja mematenkan penelitian ini, juga mempersiapkan untuk menguji efektivitas senyawa D12-PGJ3 pada manusia.

Nahhhh ... udah bisa senyum kan??? ayolahhh ... Allah memberi penyakit tapi juga memberi obatnya, jadi tergantung manusia mau berpikir apa gak. Oklah .... kita tunggu peredaran obat ini dengan harga yang sangat terjangkau jadi si miskin bisa membelinya. Udah ach .... tetap jaga kesehatan ya, salam

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Kakak saya meninggal karena leukemia ... dan ketidakmampuan kami tuk mengobatinya ... mudah2an obat ini cepat terealisasi ...

Ingin menonton film-flim terbaru atau mencari film-film lama? Klik disini